Kamis, 05 Maret 2015

4 Komponen dalam Bisnis

4 Komponen dalam Bisnis

 www.google.com

Konsep bisnis beserta komponen-komponennya

Menurut Gery Hamel, untuk menjadi revolusioner industri,  atau dapat membuat aturan permainan baru di era sulit atau era revolusi ini, kita harus menciptakan konsep bisnis beserta komponen-komponennya, suatu konsep bisnis di era sulit terdiri dari empat komponen utama, yaitu:
  1.  strategi inti(core strategi)
  2. sumberdaya strategis (strategic resources)
  3. perantara pelanggan (custemer interface)
  4. jaringan nilai(value network). 

Empat komponen utama tersebut di kaitkan oleh tiga komponen jembatan,
mengaitkan strategi inti dan perantara pelanggan (cutomer benefits). sedangkan komponen batasan perusahaan company boundaries) menjadi jembatan antara sumberdaya strategis dengan jaringan nilai. Dalam model bisnis di era sulit tersebut  tercangkup 4 elemen penentu potensi profit yang terdiri dari efisiensi, keunikan, kecocokan, dan pendorongan keuangan.

  • Strategi inti ( core strategi)

Merupakan inti dari bagaimana suatu perusahaan memiliki cara berkompetisi. Unsur-unsur dari strategi tersebut meliputi visi dan misi bisnis, cakupan produk/pasar dan basis diferensiasi. visi bisnis merupakan apa yang di inginkan perusahaan yang bersifat ideal dan misi bisnis merupakan operasi analisasi dari visi bisnis.

Misi dari google

 adalah mengorganisasi informasi dunia dan membuatnya dapat di akses dan digunakan secara universal  misi yang kaya dengan modal spiritualnya membuat google dapat meledak penjualan iklannya. dari modal 0,1 juta dolar Amerika pada tahun 1998 meledak pada maret 2007 dengan pendapatan 3,66 miyar dolar Amerika.

Misi dari Yahoo

Menghubungkan orang dengan keinginan besar mereka , komunikasi mereka dan pengetahuan dunia. perusahaan ini didirikan oleh Jerry yang dan David filo dengan modal yang relatif kecil pada tahin 1994. Sekarang perusahaan tersebut telah meledak dengan perolehan pendapatan 6,426 miliyar dolar Amerika serikat pada akhir 2006.
kantor yahoo by google
 

  • sumberdaya strategis (strategic resources) 

     Adalah konsep bisnis yang terdiri dari kompetensi inti, aset-aset strategis dan proses inti.
    sumberdaya strategis bersifat spesifik  dan  unik, dapat mengubah dramatis sumberdaya kompetensi menjadi sumber inovasi konsep bisnis. Kopetensi ini merpakan suatu keunggualan yang di miliki perusahaan dan mampu memberikan ketrampilan dan kemampuan yang unik, misal Amazon.com yang mempunyai sebuah paten teknologi one-click .



      pendiri Amazon.com by google 

    •  Perantara pelanggan (custemer interface)

    Yaitu dukungan dan pemenuhan, informasi yang mendalam, dinamika hubungan dan struktur harga. Harley davidson merupakan perusahaan yang mampu mmbangun hubungan sejati dengan para pelanggannya.

    •  Jaringan nilai(value network)

      yaitu jaringan nilai yang mengelilingi perusahaan yang memperkuat dan elengkapi sumberdaya yang dimiliki perusahaan. Cisco dan Nokia menggunakan jaringan pemasok mereka sebagai cara untuk mengurangi modal kerja dan meningkatkan fleksibilitas secara dramatis.

      Itulah ke empat komponen dalam konsep bisnis untuk meledakan perusahaan yang penulis kutip dari buku yang berjudul Revolusi strategis karya M.Suyanto yang merupakan dosen STMIK AMIKOM YOGYAKARTA. 

      Referensi 
      1. M.Suyanto,  2007, revolusi strategis, Andi Yogyakarta
        Andi Yogyakarta.
        Andi Yogyakarta.
        Andi Yogyakarta.

     


     

     

     

     
     

0 komentar:

Posting Komentar